Berita Pers

Eksotisme Kopi Orisinal Di Kopi Ireng

Bandung Advertising

Bersiap-siaplah menaikkan gairah hidup di Kopi Ireng. Terutama bagi penikmat kopi. Kapan terakhir kali lidah kita menari-nari ketika mengecap kuatnya kopi arabika murni Italia seperti Illy Espresso? Masih ingatkah saat memejamkan mata dan mencoba menjejak rasa kopi Costarica Tarazzu yang lembut? Atau membaui tobacco dari kopi Brazil? Dengan racikan orisinal dan gilingan sendiri dari pakarnya, Kopi Ireng menyuguhkan kopi "yang benar-benar kopi".

Belum merasai kopi dan makanannya saja, tim Bandung Advertiser sudah jatuh hati. Kami menaiki satu persatu tangga batu yang lebar untuk tiba di Kopi Ireng. Interiornya rumah joglo jawa-bali. Perabotan kayu antic ala era colonial menghadirkan nuansa romantic-nostalgis. Siapa pula yang tak akan terpesona dengan kerlap-kerlip pemandangan kota Bandung dari kafe yang terletak di dataran tinggi nan sejuk ini? Decak kagum pun tak tertahankan.

Kopi spesialnya adalah alasan utama kami kesini. Kopi Ireng-lah satu-satunya tempat ‘ngopi’ yang menyajikan kopi dengan racikan dan gilingan (grinding) dengan grinder khusus. Ini langsung dari barista berpengalaman pimpinan Bapak Karneli. Pecinta kopi di Bandung pasti kenal mantan manajer operasional Black Coffibar ini. Selain ragam kopi regular (Bali Kintamani, Guatemala, Costarica Tarazzu, Machiato, dll.), ia menghasilkan tujuh menu kopi spesial yang mengkombinasikan Illy Espresso dengan ingredients lain.

Penasaran dengan menu kopi spesialnya? Stairway to Heaven, salah satunya, adalah racikan Illy Espresso dengan Baileys, grenadine dan es krim. Bila ditambahkan kahlua dan susu pada Illy espresso, terciptalah Snow White. Ada juga Orange Coffee, berupa racikan Illy espresso dengan jus jeruk dan susu. Ketujuh menu spesial ini Cuma bisa kita dapat di Kopi Ireng. Pasalnya, hanya Bapak Karneli dan barista-baristanya yang tahu komposisi racikannya. Orisinal dan murni. Inilah yang dicari pecinta kopi sejati. Tak komplit rasanya menyeruput kopi favorit tanpa pengan yang tak kalah istimewa. Kita juga bisa mengunyah pancake, sandwich dan Pasta al Dente.

Siapapun cepat lepar di tempat berdataran tinggi dan sejuk. Karena itu, paling pas menyantap menu steak dan menu oriental Kopi Ireng. Untuk steak, silahkan pilih sendiri daging dan saus yang disuka. Menu tradisional lokal menyempurnakan interior etniknya. Ada nasi goreng rempah, nasi liwet solo, nasi ayam sasak hingga sop buntut goreng kopi. Gurihnya akan membuat kita bangga dan bersukur tinggal di alam Indonesia.

Kopi Ireng mulai berdiri awal Januari 2008, namun kepuasaan yang dirasa pengunjungnya sudah menjalar kemana-mana. Ragam rasa kopinya (baik lokal maupun murni Italia) sangat orisinal. Makanannya lezat. Tempatnya eksotis di dataran tinggi Bandung yang berhawa sejuk dan berpanorama memikat tim Bandung Advertiser telah membuktikannya. Mau ngopi ‘yang benar-benar kopi’ dengan teman-teman makan dengan keluarga, atau berduaan dengan pasangan, Kopi Ireng adalah tempatnya.

 

« Kembali